selamat datang diblog official PROGC

[PROGC] decave time: rules bercengkrama dengan panutan

ada yang bilang berteman dengan mastah bagai langit dan bumi

pernah terlintas dibenakmu ketika mastah menotis tapi kita bingung beretika seperti apa saat mereka mulai ngobrol atau kamu yang duluan ngobrol.

pertama apa itu mastah? mastah adalah master atau orang yang skillnya diatas kita yang susah dijangkau dan menjadi panutan kita bersama, bisa dikenal sebagai profesional.

entah sejak kapan ada istilah mastah mungkin kata mastah berasal dari pengucapan bahasa jepangnya master karena ya pengucapan jepang selalu sulit membaca huruf mati diakhir kalimat.

jadi apakah mastah yang sakti mantraskill ini bisa kita dekati atau kenalan. oh tentu bisa karena kita manusia juga. tapi ada yang harus diperhatikan dalam etika berteman dengan mastah apalagi semakin tinggi skillnya semakin sulit bagi kita untuk mendekatinya.

pertama ketahuilah tiga jenis mastah berdasarkan pandangan lingkungan.

1) mastah dalam goa

mastah jenis ini biasanya tidak terkenal bahkan cenderung menyembunyikan diri, karya biasanya dipakai oleh orang lain atau dia ikut proyek orang jadi jarang terlihat bahkan tak sadar mungkin saja disekitarmu ada mastah. yang ini biasanya pemalu tapi friendly alias dia gak mandang siapa yang berteman dengannya.

2) mastah pusing dan sibuk

mastah ini jelas dari namanya sibuk, dia balas chat orang lama banget ampe dua bulan. kerjaannya proyek besar bersama hampir mirip mastah goa cuma dia ini saking sibuknya terlalu sibuk untuk tidur.

3) mastah high class
mastah paling sulit digapai, pertemanannya dilingkungan mastah juga karyanya bikin heboh, panutan semua orang, follower dan pembelanya ribuan dan banyak karyanya sudah melenggang keberbagai tempat pas ngepost aja komennya ribuan. kebiasaan lain adalah dia suka ngepost entah itu progress karya atau jualannya dia.

4) mastah kabur-kaburan

mastah satu ini sedikit berbahaya, pertama dari beberapa pengamatan ada beberapa mastah yang suka terlibat kasus tertentu yang tak perlu disebutkan. dia diburu kemungkinan karena kasusnya dan juga biasa mastah satu ini dulunya adalah mastah jenis lain hanya saja reputasinya jatuh dan akhirnya seperti menghilang bak angin.

5) mastah shitpost

tau dirinya mastah tapi pas upload karya jenis meme dan penuh share-share an post orang lain. dia bisa jadi mastah serius hanya saja yang serius itu buat duit kalo cuma buat postingan mending bikin meme cepet laku follower banyak XD

6) mastah pengajar dumay

mastah satu ini saking baiknya chat dari orang asing pun dibalas, kalo diminta mengajari dia gak segan mengajari sampai bisa. motivator dan biasanya postingan dia soal teknik-teknik membuat karyanya, setelah anak muridnya bisa dia bakal gembira lalu melepas sang murid bahkan bisa saja menyuruh muridnya bersaing dengan dirinya.

dan itulah mastah yang paling banyak ditemui untuk sekarang, nah satu hal yang pasti semua mastah selalu punya beberapa aturan tak tertulis agar bisa ngobrol.

lalu inilah daftar aturannya.

1) jangan menggunakan emotikon (:v) atau tanya terlebih dahulu apakah mastah gak suka emot apa biar gak ganggu. karena beberapa mastah tak suka beberapa emotikon.

2) jangan merasa minder apalagi saat diajar, ingat mastah selalu bisa memberi motivasi dan ketika sang penerima motivasi terlalu edgy atau secara tak langsung seperti menolak saran yang diberikan maka mastah bisa saja mengabaikanmu.

3) jangan ngelunjak minta gambarin atau minta buatin sesuatu, ini adalah tindakan berbahaya dan sekali lagi tidak ada mastah yang begitu aja mau menerima request apalagi belum akrab banget. jika dia suka sesuatu dari dirimu pastinya dibikinin kok.

4) selalu komen dipostingannya biar dia inget kamu tapi kalo tak ada balasan darinya gapapa soalnya kemungkinan mastah sibuk, jangan putus asa.

5) jangan ngepost drama atau jangan bikin post yang bakal mengganggu mastah, dia bisa saja mengunfriend dirimu bahkan blok.

6) selalu ramah, selalu reshare postingan mastah plus namanya biar dia ingat kamu terus.

7) jangan mencurry karyanya

9) sisanya adalah etika berkawan dengan orang biasanya dan juga jangan fokus disatu mastah tapi ambil hikmahnya dan cari lagi lingkungan pertemanan antar mastah.

10) percaya diri


itu adalah dasar dari berteman dengan mastah selain itu juga musti mengenali sifat mastahnya, cara dia bicara dan cara bergaulnya juga yang penting jangan baperan karena baper mendatangkan bencana :""D

oke itu hanya sedikit dari saya cara menjadi fans yang baik dan jika berhasil bisa saja anda mampu berteman dengan banyak mastah lainnya dan bisa setara dengan mereka ^^

Comments

Popular posts from this blog

review: Million Rooms Labyrinth by Takamichi

Utaite time: apa sih utaite itu?

review: cat tales by wagata konomi