selamat datang diblog official PROGC

[PROGC] decave time: same face syndrome






Pernahkah dikau merasa saat bikin wajah terasa sama semua, seperti pola mukanya itu-itu aja dan Cuma beda warna mata, gaya rambut, atau lainnya tapi secara keseluruhan jika dilihat sama semua sampai mungkin kalo dikasih baju dari karakter satu ke karakter lain rasanya gak ada bedanya. Mungkin, inilah yang disebut konsisten namun orang awam akan kesulitan membedakan karakter bikinan kamu.

Well, dalam dunia menggambar hal tersebut disebut same face syndrome dimana ketika kau menggambar manusia apalagi stylenya manga animu beuh bisa puluhan original chara yang pola mukanya sama semua.

Melihat fenomena alam seperti ini tentu gece merasa frustasi akibat gece sendiri punya masalah yang sama. Tapi, apakah kebiasaan ini bisa diubah?

Tentu! Kenapa tidak.

Berikut adalah tips menggambar wajah yang berbeda-beda



1. Jangan terlalu berpatokan pada anime dan manga terlalu sering

Sekali-kali mungkin anda sekalian terlalu sering menggunakan anime dan manga sebagai referensi namun hal ini bakal mematikan imajinasi anda dan berusaha terlihat perfect dengan style anime, tidak salah namun sepertinya anda harus melihat seni menggambar kartun lebih luas lagi. Ada satu contoh yang bagus nih mungkin anime little witch academi dan beberapa anime dengan style unik bisa menjadi pilihan bagus walau pendapat ini subjektif. Karena anime sendiri basicnya dari kartun yang memiliki style sendiri jelas memang terlihat kawai dan sangat bagus tapi jika terlalu sering menggunakan base yang sama jelas itu akan membuat anda tak bisa mengeluarkan kebebasan berimajinasi.

2. mengamati orang

Pernah kalian liat muka orang disekitar kalian, seperti wajah teman dan orang terdekat kalian? Semua terlihat berbeda walau atributnya sama yaitu mata hidung mulut. Apa yang membuat teman kalian itu berbeda dalam satu kali lihat. Pertama orang biasanya melihat postur tubuh dahulu apakah dia gendut atau kurus, tua atau muda, bungkuk atau tegap dan lainnya. 


Setelah identifikasi maka otak kita akan menganalisa informasi tersebut kedua setelahnya adalah pola bentuk wajah, mungkin temanmu gendut maka pipinya agak tembem atau bisa jadi dia keriput lalu bentuk mata orang berbeda-beda dan kadang mencerminkan karakter seseorang setelahnya baru rambut atau pakaian. Informasi ketiga adalah keunikan orang tersebut setelah melihatnya, mungkin temanmu suka pakai topi atau suka menggunakan celana adidas setiap saat itu adalah pertimbangan lainnya sampai semua sudah diidentifikasi dan dicocokkan dengan memori diotak kita. Jadilah temanmu itu berbeda dengan orang lain.










3. exaggeration

Exaggeration atau bisa dibilang melebih-lebihkan adalah salah satu prinsip animasi yang umum. Jika pernah liat animasi barat kalian bakal nemu beberapa karakter yang badannya kadang tidak proporsional tapi unik. Anime dan manga biasanya dilebih-lebihkan di ekspresi, ukuran mata yang lebar dan hidung yang bahkan kadang Cuma titik kecil, dan juga jadi chibi dibeberapa kesempatan. Exaggeration distyle manga cenderung terbatas apalagi style marvel asli lumayan ketat stylenya. Tapi satu hal exaggeration akan menjadi kunci stylemu.


 4. menentukan outfit

Kadang komikus yang malas hanya menggunakan satu atau dua model pakaian yang sama bahkan cenderung plain. Well, jika itu genrenya drama dan slice of life tentu pakaian biasa sih bisa dimaklumi tapi jika itu genre diluar hal damai tentunya kreatifitas desain sangat diuji. Kuncinya adalah memberikan satu ciri khas mencolok, seperti karakter tersebut suka bawa boneka gorilla kemana-mana, rambut kepang dengan pita besar mencolok, sepatu kebesaran, atau kacamata. Tentunya outfit akan menentukan sifat karakter penggunaan warna pakaian dan kombinasi juga sangat penting sekali. Pakaian boleh sederhana namun harus ada ciri khas yang membuat karaktermu itu adalah karakter yang berbeda satu sama lain. Gunakan benda-benda yang unik untuk dijadikan aksesoris dan barang yang selalu nempel dikarakter tersebut.

5. menjadi beda
“Jika manusia sudah terlalu banyak kenapa gak bikin yang bukan manusia….”

Baiklah itu pepatah seorang illustrator dalam kita strayder dan tentunya dia punya banyak karakter yang bahkan semuanya adalah ras yang berbeda. jika itu fantasy atau scifi tak masalah, namun jika biasa saja untuk membuat karakter itu berbeda adalah ekspresi dan sifat karakter. Cara karaktermu marah berbeda dengan karakter yang lain.


6. dibikin siluet

Setelah proses berpikir dan membuat banyak oc, ocnya dibikin siluet semua terus taruh berjejer jika kau masih bisa mengenali karaktermu maka berhasil jika tidak lebih baik dieliminasi atau direvisi lagi.





Baiklah saatnya menggambar dan membuat original charactermu sendiri dan terus menggambar dengan rasa senang agar magermu bisa hilang dan tidak menjadikan impruv sebagai beban.

Comments

Popular posts from this blog

review: Million Rooms Labyrinth by Takamichi

Utaite time: apa sih utaite itu?

review: cat tales by wagata konomi