selamat datang diblog official PROGC

[PROGC] decave time: mengenal mode layer

MENGENAL BLENDING/TYPE LAYER


hei gengs berjumpa lagi dengan saya makhluk dengan pentab ditangan dan laptop dipinggang. kali ini akan memberikan sebuah pengetahuan buat pemula yaitu blending atau layer type pada kalian semua yang membaca ini.

jadi bagi yang suka ngerasa gambarnya kek kerasa flat atau warnanya gak ngejreng cem senpai kebanyakan atau gak tau alasan kenapa layer senpai terasa begitu banyak padahal dirimu cuma make tiga layer biasanya.

nah gece sepertinya tau kenapa karena agan yang masih pemula dalam software tak tau fungsi dari layer sendiri selain sketch, lining, dan coloring.

jadi mari kita ubek software kalian masing-masing.

daftar software:
-photoshop (PC)
-medibang (android)
-paint tool sai (PC)

kalo saya sih biasanya hanya menggunakan tiga layer saja yaitu layer base color (warna dasar, shading (bayangan), dan highlight (cahaya). sisanya variasi saja sih wkwkwk jadi tiga itu adalah layer umum buat para tukang gambar digital.

1. layer base color

layer ini berisi warna dasar, warna yang dipakai tidak mencolok dan tidak terlalu gelap. seringnya warna yang keliatan kusam disekitar abu-abu pas do bagian pemilihan warna.
ini namanya color switch apalah gitu

2. layer shading

layer ini buat bayangan atau bagian gelap suatu objek, kebanyakan warnanya disamakan saja dengan base color kecuali kalo objeknya putih enaknya biru kusam sekitar abu-abu.

3. layer highlight

nah ini kesukaan mimin nih, layer berisi warna buat pantulan cahaya objek. bagian terang ketika kena sinar matahari atau sejenisnya. pakai saja warna yang sama dengan base color tapi kalau mau eksperimen bisa gunakan warna lain yang enak diliat mata
beginilah kira-kira biar warnanya sama dengan base kalo mereka metimpa warna lain bakal beda penampangnya jadi yang gelap itu shading yang terang itu highlight


jadi setelahnya kita akan mulai mengenali mode layer buat tiga layer yang saya sebutkan diatas. bisa diliat saja yang berada dibawah ini:
menu buat mode layer
jadi ada berapa mode layer dari ketiga software diatas? ada banyak sekali tapi masing-masing punya kegunaannya jadi coba saja bagaimana hasilnya. mimin sih makai multiply buat shading, luminosity/color dodge/dodge/screen buat highlight, dan sisanya variasi aja.

jadi anggap aja seperti inilah perubahannya kalo kena layer mode warnanya berubah begitu menimpa base color

dan kemungkinan hanya ini yang bisa saya kasih tau jadi coba saja semua mode layer dan rasakan sensasinya XD

Comments

Popular posts from this blog

review: Million Rooms Labyrinth by Takamichi

Utaite time: apa sih utaite itu?

review: cat tales by wagata konomi